Harmoni di Pantai Seruni

IMG_20150103_105609

Pantai Seruni, D.I.Yogyakarta

Kesan pertama yang terlontar saat saya kesini adalah, “Ajegileeee, off road gini jalannya!!!” Batu-batuan plus tanah merah langsung menyambut, sesaat setelah kita belok di pertigaan jalan dengan arah yang mau ke Pantai Pok Tunggal.

Pantai Seruni ini terdapat di Yogyakarta, tepatnya di Gunung Kidul, sebelah timurnya Pantai Pok Tunggal. Nah kan, bingung timur itu sebelah mana?!? SAMA! Kalau nanya arah ama orang Yogya, seringkali dijawabnya pakai arah mata angin, dan sekonyong-konyong kepala saya jadi tambah nyut-nyutan.

IMG_20150103_101240

Welcome to the jungle!!!

Untuk menuju sini bisa memakai kendaraan umum yang ke arah Wonosari, ataupun memakai motor / mobil pribadi. Selanjutnya ikuti petunjuk arah ke daerah Tepus, atau lebih gampang cari petunjuk ke arah Pantai Pok Tunggal karena Seruni dan Pok Tunggal sebelah-sebelahan. Perjalanannya dapat ditempuh sekitar 2 jam dari kota Yogya.

Pantai yang masih belum terlalu terekspose dan gak seterkenal tetangga-tetangganya seperti pantai Indrayanti, Krakal, atau Pantai Drini ini menawarkan scenery yang cukup oke sebenernya. Walau pantainya tidak berpasir putih banget (agak-agak cokelat), tapi keunikan pantai ini tidak bisa diabaikan. Saya sih yakin ke depannya pantai ini pasti akan cukup dikenal dan menjadi objek wisata andalan juga.

Akses jalan yang masih belum terlalu baik menjadi salah satu kendala. Selain jalanannya yang off road tadi, beberapa kali juga kita harus melewati perladangan dan bukit-bukit batu. Dari jalanannya yang masih belum baik, terlihat bahwa pemerintah daerah sana belum seserius menggarap pantai ini dibanding dengan pantai sebelah-sebelahnya.

IMG_20150103_102228

Parkiran yang saat itu sangat lengang

Setelah tiba di parkiran, kita masih harus jalan sekitar 250 meter untuk mencapai bibir pantai. Kenapa harus jalan? Karena dari parkiran itu jalannya cukup curam dan lebih berbatu, sehingga dikhawatirkan mobil tidak akan bisa nanjak untuk jalan pulangnya.

IMG_20150103_102248

Itu pantainyaaaa!!!

IMG_20150103_102301

Harus jalan dulu..

IMG_20150103_102456

Becyekkk..

Apalagi saat itu tanahnya agak basah sehingga sudah pasti licin. Jenis tanahnya juga kayak semacam tanah liat gitu. Ria yang memakai sandal flat, setelah jalan melewati track itu jadi seperti memakai platform karena tanahnya pada nempel di sandal. Hahaaaa.

Jpeg

Udah deket..

Jpeg

Kenapa bu?? Hahaaaa..

Sebenernya saya merasa agak salah timing pas ngetrip ke Pantai Seruni ini. Ya begemana, pas siang hari bolong! Panasnya ngga nanggung! Mata kayak susah ngebuka lebar karena kita harus memicingkan mata *bahasa apa sih ini* saat melihat sekeliling.

IMG_20150103_103100

Sampaiiiiii..

Kalau di Pok Tunggal yang menjadi ikon adalah Pohon Duras-nya, kalau di Seruni adalah air terjun kecil yang seakan memancar dari tebing. Posisi air terjun ini di sebelah timur pantai, dimana untuk ke air terjun ini kita harus berjalan melewati karang-karang besar. Tepat di bawah air terjun ini ada goa kecil. Sayangnya kita tidak bisa terlalu mendekat kesana karena air sudah mulai naik dan menutupi jalannya. Katanya sih air terjun ini buatan, tapi ada yang bilang juga ngga. Entahlah. Hanya Tuhan yang tahu..

IMG_20150103_103311

Karang-karang besar di pinggir pantai

IMG_20150103_104307

Itu air terjunnyaaaa.. Kliatan ngga? Haaah, engga???

IMG_20150103_103438

Itu lhooooo, masih ngga kliatan?? Yasalam!

IMG_20150103_103457

INIIIIIIIIIHHH… Kecil banget yah? Hahaaa memang..

Ada keunikan lain yang saya temui, yaitu banyaknya gerombolan kupu-kupu di sekitar pantai. Baru kali ini saya menemukan pantai dengan banyak kupu-kupu. Sepintas kawanan kupu-kupu kuning tersebut tidak terlihat, tapi saat kita melangkah ke bebatuan tempat mereka bertengger, kupu-kupunya baru pada terbang.

Jpeg

Di batu-batu ini banyak gerombolan kupu-kupu bertengger..

IMG_20150103_105306

Tuuuuuh!!! Lihat ngga, pada berterbangan??

Suasananya yang masih sepi dan tenang menjadi nilai plus tersendiri. Saat saya kesana, hanya ada sekelompok pemuda yang sedang camping di pinggir pantai, selebihnya hanya penduduk lokal yang membuka warung-warung sederhana di sekeliling pantai. Tidak ada pengunjung lain lagi. Baru selang sejam-an, datang gerombolan lain.

IMG_20150103_104147

Sepiiiii dan damaiiiii..

Cukup kontras sih kalau dibandingkan pantai lain di sekitarnya dimana disana dipadati turis-turis lokal, sedangkan yang ke sini bisa dihitung jari. Justru karena sepi inilah maka sampah pun jarang, paling-paling sampah organik seperti daun-daunan atau akar pohon, jarang saya temui sampah plastik.

IMG_20150103_110151

Ada gerombolan kupu-kupu lagi. Kliatan ngga?

IMG_20150103_110305

Haaah, ngga??? Nih di-zoom!

Lucunya lagi, pasir di pantai ini ada yang warna putih kecoklatan dan ada yang berwarna hitam. Entah kenapa bisa begitu..

IMG_20150103_105254

Ini bukan lagi pamer sepatu ceritanya..

IMG_20150103_110333

pasir hitamnya.. yang sejujurnya menimbulkan kesan jadi kotor 😛

 

img1425271573591

Bonus kiss from DDCPK. Udah mual-mual belum setelah lihat foto kita?? Bhahahaa..

Cukup seru kan ke Pantai Seruni ini?? Kalau ke daerah Gunung Kidul, mampir-mampirlah kemari.. Katanya di sini pun merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati sunset. Berhubung waktu itu kita ngejar tempat lain, jadi kita ngga sampai sore disana. Eik pamit yaaaa..

Salam Super!

 

Advertisements

14 thoughts on “Harmoni di Pantai Seruni

Sila Tinggalkan Jejak..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s