Penat dengan pemandangan gedung pencakar langit, membawa kaki saya melangkah menuju tempat yang hijau-hijau. Naluri sebagai pecandu alam dan senja membuat mata lelah ini menagih sesuatu yang agak ‘segar’. Vitamin A buat mata saya, ya kalau bukan pemandangan hijau-hijau, pemandangan biru-biru, atau pemandangan yang bening-bening, sejenis koko Lee Min Ho. Hihihiiii..

Kali ini saya pilih destinasi yang agak di luar kebiasaan. Saya pilih mengunjungi pemakaman. Ini apa ya istilahnya? Kalau tidak bisa saya sebut wisata religi, ya biarlah disebut wisata spiritual, atau wisata ngeri-ngeri sedap.

image

Jalanannya lebar dan mulus jayaaa..

Komplek pemakaman yang eksklusif ini dilengkapi dengan fasilitas yang mewah dan lengkap, lebih-lebih dari hotel bintang lima, seperti adanya kapel, musholla, florist & gift shop, kolam renang, restoran Italia, padang rumput asri untuk outdoor activity, function hall berkapasitas 250 orang, serta danau seluas 8 Ha yang dilengkapi jogging track sekelilingnya. Dalam hati saya bertanya, ini jogging track sebenarnya ditujukan buat apa dan buat siapa ya?? Agak heran aja 😅.

image

Hall dengan gaya Turki

wpid-img1444727955679.jpg

Jalanan di dalam kompleknya yang sangat terawat, pemandangan bebukitan yang menghijau, pepohonan rimbun yang memagari danau sukses membuat saya betah.

Pemakaman ini besutan *apaaaa lagi ini maksudnya, macam grup band aja* PT. Lippo Karawaci. Mengacu pada taman pemakaman terkemuka dunia, Forest Lawn Memorial Parks and Mortuaries di California-Amerika Serikat, di atas lahan seluas 500 Ha ini didirikanlah San Diego Hills Memorial Parks and Funeral Homes yang kemudian diadaptasi konsepnya.

image

image

image

Kapel dengan gaya arsitektur Mediterania

Yang lebih mengagetkan saya, ternyata tempat ini juga disewakan untuk tempat pernikahan. Bagaimana saya tahu? Karena kebetulan saya jumpai sisa-sisa dekoran bekas nikahan.

image

image

Cemana ini, nikahan di pemakaman?? Walaupun awalnya agak aneh, tapi lalu menjadi masuk akal setelah saya lihat pemandangan dari tempat ini yang memang ciamik. Memang kesannya agak gimana gitu ya menghadiri pesta pernikahan di pemakaman.
A: Bro, minggu depan gw nikah nih. Loe dateng ya.
B: Pastinyaaa. Dimana bro acaranya?
A: Di kompleks pemakaman.
B: Bro, loe mau nikahan ato mau tahlilan?
*#”??!!*/=:#………

image

image

image

image

Area pemakamannya terbagi menjadi 3 bagian, dengan konsep dan filosofi mendalam yang menarik. Untuk jelasnya, silahkan buka web-nya yah. Panjang banget soalnya penjelasannya. Hehehe..

image

Tebak ini apa cobaaa?? Hah, lapangan basket?!? Plisss deh aaahh..

Satu lagi fasilitas di sini yang membuat saya takjub dan belum pernah saya temui selama saya ke pemakaman manapun, yaitu disediakannya Heli Pad. Keren kan..

Yang saya suka lagi, security-nya sangat sigap dan tegas. Salah satu contoh, ketika ada beberapa anak muda yang mulai nongkrong-nongkrong di pinggir jalan, segera ditindak sehingga kesan tertib dan private sangat terasa.

image

image

Satu aja sih yang bikin saya agak terganggu, yaitu banyaknya angsa di sekitaran danau. Waktu 4 tahun yang lalu kesini, sekitaran danaunya masih bersih, sekarang jadi agak kotor, baik itu oleh makanan ataupun kotoran angsa. Hiyaaakkhh.. 🙊

image

Dan semua fasilitas yang disuguhkan tadi dihargai dengan sangat sangat pantas. IYKWIM. Heuheu.. Untuk paket pemakaman, yang termurah sekitar 40juta dan yang termahal sekitar 3M! Udah kayak beli rumaaaahh! *Udah, jangan melotot gitu donk bacanya.* 😂

image

Siapa bilang foto-foto di pemakaman selalu terkesan angker? Hihiii..

Berdasarkan salah satu slogan mereka, “Kini, melangsungkan pernikahan dan berwisata di kawasan pemakaman bukan lagi sesuatu hal yang tidak lazim dilakukan,” mari kita berwisata ke komplek pemakaman. 😁

San Diego Hills Memorial Parks and Funeral Homes

Exit Tol Karawang Barat 2, Km.46
Hotline (24 Hours) : 0816 908 909
Web: http://www.sandiegohills.co.id

Advertisements
Comments
  1. Postingan serem. Upload jam segini di malam suro!!!! Apalagi ada penampakan di salah satu fotonya. Suwereeemmm cyiinnnn!!!

    Like

  2. alrisblog says:

    Komplek makam aja bisa jadi bisnis ya, berfikir out of the box. Keren ya.

    *Bro, loe mau nikahan ato mau tahlilan? hahaha…

    Like

  3. Jadi kepikir juga… jadi jogging track itu untuk siapa yaaa? Yang suka loncat2 di film itu ya??? 😀

    Like

  4. fasyaulia says:

    Tempat syuting beberapa ftv nih… kirain tempat apaan ternyata pemakaman 😦

    Like

Sila Tinggalkan Jejak..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s