#MemesonaItu..

img1495414223179

Bagi saya ‘cantik’ itu relatif karena masing-masing orang mempunyai penilaian sendiri tentang kriteria ‘cantik’. Lalu apa yang mutlak? Pasti banyak yang menjawab ‘jelek’. Saya rasa tidak, karena standard jelek juga bervariasi bagi tiap individu. Hehe..

Cantik atau kurang cantik itu relatif, tapi memesona itu mutlak, sis! Kenapa memesona mutlak? Karena seorang wanita disebut memesona saat dia berhasil mengeluarkan aura positifnya, bahasa kerennya inner beauty. Jika orang di sekitar kita bisa melihat atau merasakan inner beauty kita, maka sudah pasti di mata dia, kita ini menarik banget.. Percayalah! Saya sudah membuktikannya berkali-kali. Hehehe..

Nah, sebagai seseorang yang pernah dinobatkan sebagai pemilik inner beauty paling menarik seangkatan (dinobatkan oleh sahabat kuliah saya sendiri, dimana sekelas ceweknya cuma bersepuluh. Yassalam deh!), saya ingin berbagi tips sukses memesona para ababil dan om-om ala saya.

img1495414693778

Maaf, iklan dulu yak sebentar..

Rangkuman perenungan saya:

1. #MemesonaItu saat orang gak cukup hanya 3 detik ngeliatin kita. Kalau udah liat sekali, bawaannya pingin liat lagi, liat lagi, liat lagi.. Pernah ada yang ngalamin gini? Tandanya benih-benih kekaguman sudah mulai nampak. Tapi memang beda tipis sih antara mengagumi dan mencurigai ya. Hahaaa..

2. #MemesonaItu saat kita bisa membuat orang merasa nyaman di dekat kita. Nyaman dalam artian kita bisa membuat orang lain menjadi dirinya sendiri, tidak takut merasa dihakimi atau merasa ditolak, dan bisa jadi tempat cerita orang-orang. Pernahkah ada yang merasa, “Koq kayaknya orang seneng banget cerita ini itu sama gw, bahkan tanpa gw minta untuk dia cerita?” Nah itu berarti kamu berhasil memesona dia sampai membuat dia nyaman sama kamu. Ini berlaku dalam hubungan apapun ya, bukan hanya percintaan tapi juga persahabatan.

3. #MemesonaItu saat kita berhasil buat orang senyum-senyum sendiri (seperti kamu saat baca tulisan akyuuu.. Yakhaan?? Ayok ngakuuuuu). Intinya kita bisa membuat orang lain terhibur, siapa tau dia lagi lupa caranya tersenyum karena menghadapi masalah yang berat. Nah kamu muncullah disana sebagai pahlawannya. Kan bagus menyebar keceriaan, menghibur orang, dapet pahala pula.

4. #MemesonaItu saat kita bisa buat orang kagum tanpa kita bicara. Gak perlu banyak ngomong ini itu di depan orang, tapi rasanya orang udah berkaca-kaca aja kalau liatin kita. Koq bisa? Karena tindakan kita udah berbicara banyak. Tindakan yang positif ya tentunya.

5. #MemesonaItu saat kita bisa tetap pede dan menjadi diri kita sendiri. Ini penting sekaliiiiii.. Kamu adalah apa adanya kamu. Banggalah menjadi diri kamu sendiri, girls! Tuhan ciptakan masing-masing kita spesial lho, dan gak ada satupun dari ciptaanNya yang tidak baik, semuanya SEMPURNA. Iyaaa, kamu, aku, kita semua sempurna! *puter backsound lagunya Andra & The Backbone*. Saat kamu down, kamu merasa tertolak, putus asa, kesepian, gak ada yang mau sama kamu, ingatlah bahwa kamu berharga. Kita ini adalah makhluk paling mulia yang Tuhan ciptakan.

6. #MemesonaItu saat kita berhasil jadi pribadi tangguh dan tabah ketika dihadapkan dengan masalah. Ini juga gak kalah penting girls, karena sifat ini merupakan bekal kamu seumur hidup. Cowok juga pasti akan memilih cewek yang tangguh dan tabah walau mukanya biasa aja, daripada cewek cantik berbulu mata badai dengan dandanan cetar tapi nyebelin, cengeng, dan manja luar biasa. Sekali lagi, per-ca-ya-lah…

img1495417632340

Ini yang terakhir nih, tapi penting bangeeett! Semua point diatas, akan makin sempurna kalau kamu gak lupa menyemprotkan VITALIS Body Scent setiap hari! Wangi bunga-bunganya yang segar tapi juga lembut, akan membuat kamu bersemangat menjalani hari-hari kamu. Wanginya yang soft-elegan-merekah-bikin-klepek-klepek, dijamin gak akan buat orang lain eneghk, malah bikin kangen. Hihihiii.. Jangan lupa untuk selalu bawa di tas kamu yaaa.. Kalau sore wanginya sudah mulai hilang, tinggal semprot lagi deh! Ya siapa tau pas di jalan pulang ketemu calon suami kan? 😁

Oya, sejujurnya dulu saya bukan termasuk orang yang suka pakai wangi-wangian badan. Paling mentok pakai bedak baby doank. Sampai suatu ketika, saat ngetrip ke gunung pernah saya kehujanan. Sesudah baju kering, bedaknya luntur, badan bau karena bajunya juga jadi bau. Kebayang kan malunya? Apalagi kalau pas ngetrip bareng gebetan.. Lalu besok-besoknya saya cerita ke mamah dan mamah tiba-tiba udah beliin aja Vitalis (masih yang botol lama waktu itu). Mungkin karena takut anak gadisnya gak laku ya. Huhuhuuu.. Baru sekarang ngehnya.

Udah yaaa, segitu aja tips dari saya. Masalah cantik mah bisa dipoles jeng, bisa permak sana sini, bisa disembunyiin, gampaaang.. Apalagi kalau kamu pakai VITALIS, pasti kebantu banget deh karena kamu jadi wangi. Kalau udah wangi gitu, pasti kamu jadi makin percaya diri donk.. Yang susah itu nutupin sifat-sifat yang tidak baik. Padahal sifat dan karakter yang baik diperlukan untuk memunculkan inner beauty, dan inner beauty itu yang akan memesona orang lain. Solusinya, ya sifat dan karakter yang tidak baiknya jangan ditutupi jeng, tapi pelan-pelan diubah sampai lama-lama hilang.

*lalu ada yang nyeletuk, “Ngomong sih gampang, siisss!” Lah memang gampang, makanya saya ngomong aja dari tadi. Menuangkan ke tulisannya yang susah. Hehehe..*

img1495414431078

Siapa coba yang tidak akan terpesona kalau kamu baik hati, baik kelakuan, baik karakter, ramah, manis senyum, pede, sekaligus wangiiiiii kayak saya gini…………………………….. *Kresek, anyone?*

#MemesonaItu

Advertisements

Tetaplah Percaya

 

img1492615446284

Ada begitu banyak pasang mata yang lelah berteman dengan realita. Ada begitu banyak hati yang mulai berhenti berharap.

Ada begitu banyak jemari yang enggan lagi berdoa. Ada begitu banyak telinga yang terlalu kenyang dengan suara-suara dari dalam ruang pikirannya sendiri, bahkan dengan janji.

Ada begitu banyak kaki yang kelelahan karena mereka hanya lari di tempat, tidak menuju kemanapun.
Ada begitu banyak tangan yang tak lagi mau mengulurkan bantuan, karena mereka tak mendapat ‘balasan’ yang setimpal.

Ada begitu banyak air mata yang bosan jatuh dan memilih untuk jadi hati yang angkuh. Ada begitu banyak yang jenuh dengan sebuah ‘kebenaran’ .

Ada begitu banyak ruang dalam hatimu yang tak lagi memiliki pintu maaf.
Ada begitu banyak yang tak ingin sampai ke garis akhir, memilih pergi dan berhenti.

Ada, dan mungkin kamu termasuk salah satu diantara mereka.

Sudah terlalu lama matamu tak kunjung melihat perubahan, lalu mulai menyalahkan keadaan, lalu mulai mengecilkan iman, lalu mulai meragukan Tuhan.

Sudah terlalu panjang jalan yang kamu tempuh, tak ada pun kamu temui dasar untuk berharap. Hingga akhirnya hatimu mulai rapuh, kakimu pun lumpuh, tak ada lagi harapan yang masih utuh.

Sudah terlalu banyak doa-doa yang kamu naikkan, namun tak sepatah katapun keluar dari mulut Tuhan sebagai jawaban.

Sudah terlalu banyak yang kamu ketahui, bahkan tak jarang kamu terlihat ahli. Tapi sekedar tahu tak cukup jika kamu enggan melakukannya.

Sudah terlalu lama kamu ikut dalam setiap adegan putaran waktu, namun kamu tak bisa menikmatinya. Ada hati yang tak pernah merasa cukup, ada bibir yang terlalu mudah mengeluh, ada topeng yang senantiasa kamu pakai agar tidak ada satu orangpun yang tahu isi hatimu.

Namun Tuhan tau. Dia mengetahui sampai ke hatimu yang paling terdalam, sampai ke ruang pikirmu yang paling terpencil dan sorot matamu yang terjauh. Perjalanan ini memang berat. Banyak yang telah kamu lalui, banyak yang telah kamu tangisi.

Karena itulah kamu terlalu lelah, terlalu rapuh, terlalu mudah untuk jatuh. Banyak yang tak sesuai dengan kehendakmu, banyak tanya yang mengudara kenapa harus begini, kenapa harus begitu, kenapa tidak sekarang, kenapa harus sekarang, kenapa harus aku, kenapa bukan yang lain? Lalu hati menjadi kuatir saat skenarionya tidak berjalan seperti yang kamu pikir. Lalu kamu mulai mempertanyakan Tuhan?

Kamu memang sudah melewati banyak, kamu memang lelah, kamu memang lemah. Tapi bukan berarti kamu harus putar balik dan menetap disana, bukan berarti kamu harus lari di tempat, bukan berarti kamu harus mengakhiri dan cari jalur yang lebih terlihat mudah, bukan berarti kamu harus berhenti.

Tak sadarkah bahwa Tuhan telah membawamu sejauh ini bukan untuk hal yang sia-sia?

Tak sadarkah bahwa di sebuah perjalanan yang panjang ini ada begitu banyak pelajaran yang sedang Dia berikan?

Tak sadarkah bahwa apa yang kamu alami bukanlah suatu hal yang kebetulan? Mungkin belum bisa kamu mengerti, tapi nanti pasti.

Tak sadarkah bahwa Dia penulis skenarionya?

Jangan berhenti, jangan menyerah, jangan putus asa. Setelah apa yang kamu alami, hanya Tuhan yang begitu peduli dan selalu di sisi. Saat kamu mempertanyakan keberadaan Tuhan, Dia pun ada disana, tak pernah pergi. Hanya kamu saja yang kurang percaya.

Saat kamu merasa lelah, tinggal tenanglah dan beristirahatlah di dalam Dia. Maka sekalipun segalanya tidak baik, kamu akan baik-baik saja karena kamu percaya Tuhan akan membuat segalanya menjadi yang terbaik, bukan yang terbalik.

Saat kamu merasa lemah, tetaplah kuat karena ada Tuhan yang menguatkan.
Saat kamu merasa lemah, berhentilah mengandalkan dirimu sendiri.

Andalkanlah Tuhan yang tak pernah mengecewakan.

Percayalah kepada Tuhan sekalipun seisi dunia tak bisa dipercaya.

Berharaplah sekalipun tidak ada dasar untuk berharap.

Teruslah berdoa, sekalipun matamu tak menemukan jawaban.

Lakukanlah apa yang benar di mata Tuhan, bukan yang disenangi dunia.

Sekalipun hatimu terasa remuk, percayalah bahwa kamu sedang Tuhan bentuk. Sekalipun banyak perkara yang sukar, kamu diminta untuk tetap tegar.

Segalanya akan baik-baik saja. Percayalah kepada Tuhan.

Kreatif dan Asik Tanpa Sarkastik

Masih ingat dengan Eka Gustiwana? Seorang speech composer yang melejit di tahun 2013 karena video lagu Demi Tuhan-nya Arya Wiguna.. Setuju kan kalau saya menyebutnya sebagai salah satu anak bangsa yang kreatif? Bangettt..

Nah, pertanyaan selanjutnya.. Apakah anda masih hobi mengumpulkan mainan seperti waktu masa kanak-kanak? Saya sih ngga, tapi masih suka main-main iya.. Mainin dan jailin orang lain juga suka, tapi akibatnya jadi dimainin juga perasaannya sama orang lain. Sigh..

Oke, itu mulai sarkastik.. SAR-KAS-TIK!

Nah, buat kalian yang suka mengkoleksi tokoh-tokoh Marvel, bisa join di komunitas UNREAL TOYS nih! Sebuah komunitas pecinta mainan, baik miniature biasa ataupun yang berskala 1/6 (perbandingn skala 1:6 dengan aslinya). Grup ini dibentuk sebagai tempat menggabungkan hobi koleksi dan hobi fotografi. Bisa dibilang sebagai komunitas fotografi mainan. Berikut contoh-contoh foto mereka:

fb_img_1484100545419

Ada yang mau bantuin Cat Woman pilih kostum gak?

fb_img_1484100719518

ini juga konsepnya menarik. Hihihiii..

Penggagas sekaligus adminnya adalah Lucky Herman. Kak Lucky juga yang menyandingkan miniature Pak Ahok dengan tokoh-tokoh Superhero. Tau kan pasti? At least pernah liat foto-fotonya yang kocak itu kan?? Hah, belom?? Aduh, kamu kemana aja sihhhhh… Aku kasih liat beberapa yaaa..

fb_img_1484100699320

keren yekhan? Mereka lagi pada selfie..

fb_img_1484100690336

Spidey-nya kiyut banget kalo gelendotan gitu..

fb_img_1484100686431

ciyeeeh, digendong..

fb_img_1484100682470

hey, what’s up bro??

fb_img_1484100678846

Keren-keren kan?? Idenya jenius banget. Editannya juga jempolan. Brilliant deh! Sampe lupa, yang buat miniature Pak Ahok-nya yaitu ko Dennys Wang, temennya kak Lucky juga. Dua aset bangsa yang kompeten, yes? Iyes..

Udah mulai tertarik untuk join?? Sabar.. Karena saya akan jabarkan syarat untuk bisa tergabung di komunitas ini. Syaratnya yaitu:

  1. Sopan
  2. Beretika
  3. Gak suka buat masalah
  4. Udah itu aja

Hehehee iya seriusan! Cuma itu aja syaratnya.. Gak harus punya mainannya dulu, atau punya kamera DSLR, atau punya kostum Superheroes-nya, ataupun punya keahlian khusus. Gak usah! Yhaaaaa, setidaknya tau lah ya tokoh-tokoh Avenger, biar kalo ngobrol nyambung. Loe gak cengo-cengo amet gitu..

Fyi, harga mini figure biasanya sekitar 2 sampai 5 juta rupiah, tergantung tokohnya. Kalau gak terlalu terkenal bisa 2 juta-an. Kalau yang terkenal bisa 3-4 juta-an. Kalau yang terbuat dari besi, seperti Iron Man bisa 4-5 juta. Untung eneng mah gak suka ngoleksinya, cuma suka liatin kang Chris Evans-nya aja..

fb_img_1484100937914

Gagah pisaaan!! Bisaan banget nih yang moto..

fb_img_1484100896414

dua tokoh favorit saya.. Spiderman dan Captain America. Huwooowhhh!!

Rata-rata, anggota komunitas Unreal Toys ini dari Jakarta, Tangerang, dan Bandung. Berhubung kolektornya paling banyak dari Jakarta, maka seringnya event mereka diadakan di Jakarta. Dan biasanya kalau ada acara Toys Fair (seperti bulan Februari’17 nanti), pasti mereka pada ngumpul.

Saya sebagai penggemar film Superhero, bisa juga kalau mau gabung.. Mereka suka ada kumpul-kumpul juga kalau ada film yang sedang dinanti-nantikan. Buat kalian yang suka dengan foto-foto mainan, bisa sharing juga di sini.

img1484113698145

Ini loh penampakannya Kak Lucky. Mirip siapa hayoooo?? Yep, ARYA WIGUNA!! hahaaa.. Peace kak.. Bentar lagi berubah jadi Wolverine neh.. Percayalah, dia sangat ramah dan asik diajak ngobrol dan.. random!

Jadi lebih baik salurkan kreatifitas kita dengan bijak. Saat kita gemas dengan kebebasan sekarang-sekarang yang sepertinya kebablasan, saat orang semaunya mencaci-maki dan menghina dengan sarkastik, udahlah kita berkreasi dan berinovasi aja. Asikin aja!

 

Note: Postingan ini tidak ada unsur kampanye yaaaa.. Don’t get me wrong.. Politik bukanlah ranah saya. Hanya ingin mengangkat komunitas Unreal Toys. Siapa tau ada yang kasih miniature Spiderman atau Captain America gituuu *ditakol palu Thor*.

 

People who cannot control themselves are like cities without walls to protect them.

Orang yang tidak dapat mengendalikan diri adalah seperti kota yang roboh temboknya.

Curahan Hati

 

Katanya,
perjalanan paling jauh tetapi minim makna adalah perjalanan menuju masa lalu.

Bukankah seyogianya kita tinggalkan masa lalu di belakang,
agar kita dapat melangkah ringan menuju masa depan?

Bagaimana mungkin kamu menapaki masa depan,
jika sebelah kakimu masih berpijak di masa lalu??

Tak elok..

Pun masa depanmu ingin kamu menemuinya dengan tulus dan tanpa paksa,
tanpa dibayangi masa lalumu..

Bayangkan jika kekasihmu menemuimu sambil tetap menggandeng mantannya.
Enak??

Cemburu bukan hanya perkaraku, atau milik anak manusia semata.
Bahkan waktu pun bisa cemburu.
Saat dia terbakar amarah, habislah kesempatan-kesempatannya untukmu.

Biarkan masa lalu tetap di tempatnya..

Ikhlaskan.. Relakan.. Syukuri..
Agar aku tenang.

Apapun yang pernah kau goreskan padaku. Terima kasih..

 

-HATI-

 

“Karena yang berlalu beberapa di antaranya tak lantas pergi tapi jadi benalu.. ~Moammar Emka”

Hujan Bulan Juni

Secangkir teh dan sepotong martabak keju menemani sorenya.. Sudah, cukup itu saja. Sadar terlalu banyak ingin (yang tak kesampaian) malah akan membuatnya ‘mangkel’. Perlahan potongan demi potongan martabak itu masuk ke mulutnya, dinikmatinya sembari merenungkan pengalaman hidup yang mengajarinya tentang dunia yang tidak adil ini.

Pengalaman-pengalaman itu diserap, dicecap, lalu diendapkan di rongga hatinya terdalam untuk kemudian disaring sebagai bekalnya tumbuh di sepanjang perjalanan hidupnya. Sedang asiknya merenung, satu ingatan laknat mengusik.

Di meja itu, tiba-tiba dia ingat pendapat seseorang mengenai cinta. Siapanya itu tidak penting, yang penting adalah perkataannya yang terbukti mencengkram kuat di ingatan. Kata si yang tidak penting itu, “Cinta, pada suatu titik, adalah kriminalitas. Pelanggaran hak asasi manusia yang dipermaklumkan oleh jargon ‘cinta adalah saling memiliki’. Terbukti, kau mau panjangkan rambutmu hanya karena aku tidak suka cewek berambut pendek. Kau mau merubah makeupmu jadi setebal dempul hanya karena aku suka lihat cewek-cewek cantik berpoles. Kau mau rela mati-matian belajar masak rendang pada ibuku hanya karena itu makanan kesukaanku. Semuanya demi tak kehilanganku. Betul kan?”

Kepalanya makin cenat cenut tak karuan tapi ingatan-ingatan lain tak lantas menjauh, malah semakin menerornya. Bunyi desing cemburu yang pedas (lagi-lagi) menggerogoti seluruh isi kepala dan dadanya, “Apa hak perempuan itu merebut dia dariku? Cuma karena bekas pacar?? Dia pikir siapa aku, hah?!?”

Setelah beberapa waktu dia menjadi ratu bimbang, menyumpah-nyumpah ingatan laknat yang seakan tak mau lepas, emosi yang tak tertahan memaksanya mengampil ponsel. Diketikkan pesan kepada sahabatnya, ditumpahkan semua isi kepalanya di layar sebesar genggaman itu. Tulisan panjang dan beruntut, tak lupa disisipi banyak tanda tanya dan aneka emoticon luapan emosi.

Tak lama balasan masuk. “Memang betul kata si tidak penting itu, bahwa cinta adalah kriminalitas! Perbuatan jahat yang sungguh menyakiti. Sudah kau lakukan semua yang dia mau, sudah kau wujudkan segala inginnya, dan seenaknya saja perempuan itu menyerobot! Untuk apa kau pertaruhkan hatimu demi si bodoh itu?! Yang bahkan menjaga hati dan pandangannya saja dia tidak mampu?!? Biarlah orang bodoh musnah bersama kebodohannya.”

Pedas di dalam kepala dan hatinya makin menggigit-gigit.

 

 

Note: Postingan ini didedikasikan untuk sahabatku satu aliran. Be strong, girl! Ingat, Happiness start with smile katanya. Jangan lupa piknik!!  ❤ ❤

 

Sosok itu…

“Cerita ini bermula ketika saya dan seorang teman sepakat mengunjungi sebuah makam yang masih diselimuti tanah merah…”  *terdengar suara serak-serak basah ala penyiar Nightmare Side Ardan FM*.

*setel efek suara lolongan anjing kejepit*
*tambah efek angin yang tiba-tiba berhembus.. Woooshh wosshh..*

“Lalu muncul sesosok tinggi berbulu dari balik pepohonan beringin yang rindang. Bersamaan itu, entah dari mana, datanglah kabut yang pekat menyergap, membuat jarak pandang kami terbatas.. Lalu, lalu… Aaaaakkkkhhh!!!”
_______________________________________________________________

Gimana gimana, udah mencekam belum openingnya? 😁

Satu waktu di sore hari, saat suasana rumah sedang sepi karena Val tidur siang, saya bermaksud ke dapur untuk mencuci piring-piring kotor. Jadi posisi dapur tuh di pinggir ruang tamu, dibatasi tembok, dan ada akses pintu keluar dari dapur situ. Nah pintu itu lapis dua, ada pintu kayunya dan bagian luarnya pintu ram. Pintu kayunya jarang saya tutup, saya hanya mengunci pintu ram-nya agar ventilasi udara di rumah lancar.

Sewaktu saya belok ke arah dapur, saya kaget bukan main karena ada SOSOK KECIL BERAMBUT PANJANG berdiri tepat di depan pintu ram! Posisinya dia di dalam rumah, menghadap keluar seolah-olah sedang terpaku menatap jalanan kompleks yang sepi. Apalagi cahaya matahari sore itu membias di teras depan dan membuat sosok ini jadi samar-samar, hanya terlihat siluetnya.

Sejenak saya termagu ‘tak sadarkan diri’, beberapa detik kemudian baru saya berhasil menguasai kekagetan..

Saya dekati pelan-pelan sambil berpikir sosok apakah itu? Kalau binatang, koq ya bisa masuk, sedangkan pintu semua tertutup. Kalau jenglot, koq agak lebih gemuk perawakannya. Kalau kunti, koq ya pendek banget. Kalau tuyul, koq ya rambutnya gondrong.. Tik tok tik tok..

Setelah saya lebih dekat dan semakin dekat, baru nampak jelas sosok tersebut. Ealaaah, ternyata BONEKAnya Val!! Ngapain juga coba dia taruh TEPAT di depan pintu dengan posisi menghadap jalan. Dikira itu anjing penjaga apa? Ya siapa yang tidak kaget kalau penampakan bonekanya kayak gini cobaaaaa..

Gini nih..

Udah siap belum?

Ah ntar kaget lagi..

Ntar aku disalahin..

………………………………………………………………

Gimana??

Siap yah…

……………………………………………………………….
.

.

.

.

NIIIIIHHHHHH!!!

image

Rambut acak-acakan, baju sobek-sobek, ‘memar’ merah dimana-mana. Fiyuuuhhh!

Saat itu malah lebih parah, bajunya gak dipakein! Jadi yah, aura horor-nya dapet banget lah ya.. 😅

Pingin teriak tapi suara ketahan. Ditahan-tahan tapi akhirnya kesel juga. Kesel tapi ada mau ketawa juga iya. Ketawa tapi ya jadi malu sendiri. Malu-malu tapi koq aku mau.

Eeehh, gimana?

Boneka itu kado dari tante saya untuk Val saat ulang tahun dia yang ke-3. Kemana-mana dibawa, tiap hari diajak main, disuapin, dipakein jepit lah, bando lah, kaos kaki lah, bahkan saat saya mandiin dogi, dia ikut mandiin itu boneka di baskom pakai sabun Sunlight. Trus saya ikutan deh 😂.

Hahahaa.. Gini nih efeknya gegara baca blog teman yang bercerita kejadian horor, udahnya saya jadi kagetan! Aaaaaahhhh!!

Senyum ceria dulu yuk aaahh.. Cheers!!! 😁

Tercabik-cabik di #KonserMenantiArah

Pukul 20.20 BBWI..

Lagu Indonesia Raya bergema di stadion Istora. Seluruh penonton benyanyi dengan khusyuk sembari berdiri. Layar visual melingkar yang berada tepat di tengah stage menampilkan Sang Saka Merah Putih yang berkibar. Lighting berwarna merah seakan meleburkan semua penonton dalam satu harmoni kebangsaaan.

image

Lighting merah dan dress code penonton yang seirama

Setelah selesai dan semua penonton dipersilahkan duduk, pada layar visual tadi ditampilkan video opening dari Glenn Fredly. Video tersebut menceritakan garis besar perjalanan musik Glenn dan musisi-musisi besar lainnya yang menjadi ikon keemasan era bermusik di Indonesia, seperti Potret, Riff, Kahitna, Gigi, Indra Lesmana, Nike Ardila, Sheila on 7 (Ebiet mana Ebieeetttt??). Jangan tanyakan soal histeria penonton. Menggelegar sedari awal! Baik itu saat pengumuman untuk jangan menghalangi jalan, himbauan untuk menggeser duduk, ataupun saat staff mengecek alat musik di panggung sebelum konser mulai. Pada salah fokus! Mungkin kalau saat itu saya khayang di stage juga bakal dapat sorakan dan timpukan botol-botol Aq*a.

image

Suasana sesaat sebelum konser dimulai

image

Penonton dengan dress code merah memadati ruangan. Hayooo cari saya yang mana??

Setelah video itu selesai, layar visual tadi terangkat ke atas. Yang menarik, di balik layar yang terangkat tadi sudah menunggu Glenn yang sedang duduk di sepeda BMX dengan manisnya. Dengan gaya sporty ia mengelilingi panggung berdiameter 17 meter itu sekedar menyapa penonton yang teriakannya sudah menggaung-gaung histeris tak beraturan.

image

Pic credit from IG Info Kebayoran

Pembukaan yang dramatis tadi mengawali konser tunggal yang diberi tajuk #KonserMenantiArah, pada tanggal 17 Oktober 2015 kemarin. “Saya dedikasikan konser malam ini untuk generasi saya, anak-anak tahun 90-an!!!”, demikian serunya, yang kembali disambut riuh sorakan penonton (salah satunya saya. Hahaaaa), membuat satu stadion bergema.

Stage melingkar 360 derajat itu menjadi arena pelampiasannya berekspresi malam itu, dan dengan lantang dia melepaskan semua energi, semangat, dan cintanya. Lagu “You Are My Everything” menjadi lagu pembuka.

image

Tata panggung yang apikkkkk..

image

Setelah itu, 19 lagu-lagu terbaiknya dinyanyikan tanpa henti. Aransemen yang rapi, skill pemusik yang mumpuni, aksi panggung Glenn yang all out, mampu menghipnotis penonton terutama kaum hawa (salah satunya saya (lagi). Hahahaa). Penonton yang kebanyakan mamah-mamah muda juga tidak kalah histerisnya dengan yang ABG.

Musisi yang sudah berkepala 4 itu entah sudah berapa kali mengelilingi panggung sembari bernyanyi. Tak jarang juga dia menari-nari, melompat, naik sepeda, main gitar, main piano, dan itu dilakukannya sekitar 3,5 jam nonstop! Lelah sudah pasti, itulah mengapa dia berujar, “Ini kali terakhir saya membuat panggung melingkar seperti ini. Hahaaa.” Walau begitu, kualitas suaranya sangat stabil dari awal sampai akhir. Keren paraaaahhhh ale pung suara!!! 

Konser tunggal nan megah tersebut merupakan apresiasi tertinggi sekaligus ucapan syukur atas 20 tahun perjalanan karirnya di dunia musik Indonesia, dan nyata mampu menyihir ribuan penonton yang memadati Istora malam itu.
image

Sebelumnya, dia telah melakukan rangkaian konser ke 19 kota besar di Indonesia dan konser di Jakarta ini adalah sebagai penutup sekaligus puncaknya. Bersyukur saat konsernya di Bandung saya berhalangan hadir sehingga saya datang ke konser yang di Jakarta ini. Ini juga sebagai pelipur saat 2 minggu lalu tidak bisa menonton konsernya Casiopea di Yogyakarta. Ya kalau tidak bisa melihat Akira Jimbo, setidaknya di konser Glenn saya bisa melihat Rejoz Jumbo. Ehehee..

Di salah satu segmen, kehadiran personil Funk Section menjadi kejutan tersendiri. Seperti kita ketahui bahwa di band inilah Glenn memulai karir di industri musik tanah air pada tahun 1995. Kemunculan mereka yang lengkap seolah menjadi reuni setelah 20 tahun tak berada di satu panggung. Walaupun para personilnya sudah berumur, nyatanya tak mengurangi skill dan pesona yang ditebarkan oleh mereka. Terbukti dua lagu lawas yang mereka bawakan, “Pantai Cinta” dan “Terpesona”, mampu melebur emosi penonton dan membuat mereka hanyut. Nyanyian penonton yang menggema di satu stadion itu membuat saya merinding.

Di segmen lainnya, dia menyanyikan salah satu lagu teranyarnya “Menanti Arah” dan diselingi puisi sarat makna, tentang cinta, tentang harapan, tentang politik, tentang generasi muda, tentang kamu, tentang aku, tentang kita. “Nyalakan api, serukan cinta!”, “Nyalakan api, serukan cinta!”, beberapa kali lantang dia teriakkan di antara jeda lagunya. Selalu ada pesan moral dan harapan positif yang dia sampaikan di setiap konsernya.

Aaaaahh, saya sudah jatuh hati pada karya-karyanya Glenn sejak saya di bangku SMP. Lumayan juga kan selera bermusik saya sedari dulu?? *entah itu dikategorikan dewasa sebelum waktunya? Hahaaa*. Yakaliiii, SMP gitu lohhh!! Saat anak-anak lain lagi beradaptasi dengan peralihan masa kanak-kanak ke masa puber serta sibuk menghafal lagu-lagu kebangsaan, saya malah asik-asikan melow dengan lagu-lagunya Glenn dan om Ebiet. Salah pergaulan ini kayaknya. Hahaaaa..

Moment yang unik lagi, saat menyanyikan lagu “Hikayat Cintaku”, Glenn membawa keliling ajingnya, Axel. Dogi mirip singa dari ras chow-chow itu tak tampak canggung saat diajak berkeliling stage. Gak pake acara ketakutan, kebingungan, atau mogok jalan. Pede sekali dia. Cubangetttt!! Pengen diuwel-uwel!!

image

Pic credit from IG Glenn Fredly

Menjelang segmen terakhir, saat menyanyikan lagu “Karena Cinta”, suara Glenn sempat tercekat karena tangisnya yang tumpah. “Dan bila aku berdiri tegar sampai hari ini, bukan karena kuat dan hebatku.. Terima kasih, cinta..” Srrottt sroottt *lap ingus*. And yunow, ABG di depan saya ikut nangis tersedu-sedu sembari meluk ibunya. *Dek dek, kenapa sih dek?? Itu om-nya ya memang??*.

Moment yang epic lagi, di sela-sela lagu “Kasih Putih” tiba-tiba ia berlutut, mengekspresikan syukurnya yang mendalam. Itu keren banget-nget momentnya.. Apalagi saat lagu itu, semua lighting dimatikan dan hanya sinar dari HP penonton yang dinyalakan. It such a magical atmosphere..

image

Pic credit from Meidy

Dan jujur, Sabtu kemarin itu menjadi salah satu my best Saturday night. Terlalu bagus, terlalu manissss.. Istora rata deng tanah malam itu! Euforia-nya masih berasa, perasaan yang luluh lantak oleh lagu-lagunya juga masih berasa, sisa-sisa ingatan tentang mantan pun masih berasa. Eeeaaaaaa!!! *dipelototin Hendry* .

20 tahun berkarya, di usia 20+20, konser dimulai pukul 20.20, membawakan 20 lagu, rangkaian tur 20 kota, ditambah buku Glenn Fredly 20. Nampaknya ada chemistry yang kuat antara Glenn dengan angka 20. Demikian terawangan saya yang serampangan..

image

Buku Glenn Fredly 20. Pic credit from Meidy

I really enjoyed the show! The best entertaining Glenn concert ever..

image

Ucapan terimakasih Glenn kepada penonton di akhir acara

Terimakasih untuk cabikan-cabikan memori yang kau kuak. Terimakasih untuk koyakan-koyakan perasaan dari suara dan lagu-lagumu. Terimakasih untuk kesan mendalam yang kau torehkan. Terimakasih untuk pengalaman magis yang masih terkenang.

Selamat menanti arah dengan cinta..

image

Apa kita menanti arah yang sama?

Apa yang dilakukan dari hati akan selalu sampai ke hati. ~Glenn Fredly